Kolom

Ketahui 8 Ciri Khas Sistem Pendidikan di Jepang

Spread the love

Setiap Negara tentu memiliki sistem pendidikan masing-masing yang berbeda dengan berbagai keunikan di dalamnya. Salah satunya adalah sistem pendidikan di Jepang yang menarik untuk dibahas. Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa ciri khas dari sistem pendidikan di Jepang.

Apa Itu Sistem Pendidikan?

Sebelum membahas tentang sistem pendidikan di Jepang, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem pendidikan. Sistem pendidikan memiliki arti yang cukup luas, bila dilihat dari kata “sistem” yang berarti beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Sehingga sistem pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah metode atau strategi dalam proses belajar mengajar untuk mencapai sebuah tujuan agar siswa atau peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara aktif.

8 Ciri Khas Pendidikan di Jepang

Jepang sebagai salah satu Negara maju di dunia memiliki keunikan tersendiri di sistem pendidikannya. Berikut ini beberapa ciri khas dari sistem pendidikan di Jepang yang perlu Anda ketahui:

  1. Pendidikan etika dan moral lebih utama dibanding ilmu pengetahuan

Kurikulum di Jepang menerapkan suatu sistem dimana pada tiga tahun pertama sekolah tidak ada ujian bagi para siswa, sebab mereka akan diajari untuk memiliki sikap yang baik seperti berempati, berlaku dermawan, dan menghormati orang lain.

  1. Tahun akademik baik sekolah maupun perkuliahan di mulai saat bunga sakura mekar

Berbeda dengan sekolah di Indonesia, sekolah dan kampus di Jepang memulai tahun akademik pada tanggal 1 April yang bertepatan dengan mekarnya bunga sakura. Hal tersebut dipercaya oleh masyarakat Jepang dapat menambah semangat anak-anak dalam memulai tahun ajaran baru.

Baca juga : Budaya Di Jepang Yang Terkenal Hingga Sekarang

  1. Siswa di Jepang membersihkan ruang kelasnya sendiri

Para pelajar di Jepang memiliki kebiasaan untuk membersihkan ruang kelas mereka sendiri secara bersama-sama untuk menanamkan sifat mandiri sejak dini.

  1. Tingkat kehadiran pelajar Jepang mencapai 99.99%

Berdasarkan sebuah penelitian, pelajar di Jepang jarang ada yang bolos, bahkan tingkat kehadiran mencapai 99.99%.

  1. Sekolah menyediakan makan siang agar pelajar dapat makan bersama

Semua sekolah SD dan SMP di Jepang menyediakan makan siang untuk para siswa agar mereka dapat makan bersama-sama dan menjalin kedekatan. Menu makan siang yang disajikan pun merupakan menu yang sehat dengan gizi seimbang.

  1. Semua pelajar menggunakan seragam

Sama halnya dengan pelajar di Indonesia, pelajar di Jepang menggunakan seragam sekolah yang bertujuan untuk menghilangkan kesenjangan sosial di antara para pelajar. Di Jepang, seragam sekolah yang digunakan seperti gaya pelaut untuk pelajar perempuan, sedangkan untuk pelajar laki-laki menggunakan seragam dengan gaya militer.

  1. Seni tradisional adalah pelajaran yang wajib dipelajari seluruh siswa di Jepang

Ciri khas sistem pendidikan Jepang selanjutnya adalah para pelajar di Jepang mempelajari seni kaligrafi (shodo) dan puisi (haiku). Seni tradisional diajarkan untuk menanamkan sikap menghargai budaya dan seni dari negeri Jepang.

  1. Ujian untuk menentukan masuk universitas

Kompetisi untuk masuk kuliah di Jepang sangat tinggi sehingga nilai kelulusan dapat digunakan untuk mendaftar di Universitas tertentu. Namun beberapa pelajar akan lebih memilih untuk tidak kuliah apabila nilai ujian mereka tidak mencapai syarat kelulusan di universitas yang mereka inginkan.

Demikianlah beberapa ciri khas dari sistem pendidikan di Jepang yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru lainnya, silahkan kunjungi situs kami sekarang juga.