Kolom

Film Hollywood yang Terinspirasi dari Anime Jepang

Spread the love

Siapa yang tak mengenal film anime Jepang? Film kartun khas Jepang yang baru ada setelah perang dunia ke 2 ini muncul dengan cerita sekaligus bertujuan untuk memperbaiki citra Jepang di mata dunia. Para tokoh anime mayoritas digambarkan dengan bola mata yang lebih besar dan memiliki rambut pirang.

Meski terlihat memiliki pengaruh Barat, ternyata banyak film Hollywood yang terinspirasi dari film anime Jepang. Berikut ulasan singkatnya Kami rangkum hanya untuk Anda.

Film Hollywood yang Terinspirasi dari Film Anime Jepang

Film anime dibuat di negara Jepang dengan latar belakang cerita tentang kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, kini genre film anime jauh lebih beragam. Dari mulai genre romance hingga genre action pun melengkapi koleksi penggemar anime. Nah ada beberapa film anime yang menginspirasi pembuatan film Hollywood. Berikut di antaranya :

  1. Saint Seiya

Film anime Saint Seiya menjadi kartun favorit anak-anak pada tahun 1980an. Film tersebut akhirnya menginspirasi pembuatan film Hollywood Clash of the Titans yang dirilis pada tahun 2010. Sutradara film Clash of the Titans sendiri menyatakan bahwa Armor yang dikenakan para Dewa di film Clash of the Titans adalah sebuah penghormatan yang diberikan oleh Leterrier untuk serial Saint Seiya.

Kemudian pada saat promosi rilis film Clash of the Titans yang dilakukan di Jepang, kreator dari Saint Seiya ikut ambil peran dalam pembuatan poster proyek film Hollywood Clash of the Titans di bawah garapan Warner Bros.

Baca juga : Kata Motivasi Anime yang Menggugah dan Menginspirasi

  1. Ghost in the Sell

Film anime yang berjudul Ghost in the Sell yang dirilis pada tahun 1995 juga disebut-sebut menjadi inspirasi dalam pembuatan film Hollywood The Matrix. Dimana pada saat itu, Ghost in the Sell menjadi salah satu karya fiksi ilmiah yang paling populer di Jepang serta dunia.

Ada banyak sekali adegan dalam film The Matrix yang diambil dari anime Ghost in the Sell. Diantaranya adalah adegan terjadinya “hujan” angka digital untuk menandakan peristiwa ilmiah yang sedang terjadi. Begitu juga dengan adanya soket yang terletak di belakang bagian leher karakter film yang ternyata diambil dari tokoh anime Ghost in the Sell yang merupakan cyborg.

  1. Perfect Blue

Adalah sebuah anime yang bercerita tentang kisah seorang penari balet yang terobsesi dengan karier baletnya hingga rela mengasingkan diri dari pergaulan teman-temannya bahkan dengan ibunya sendiri. Sang penari balet bahkan sampai mengalami banyak halusinasi yang kemudian membuatnya semakin terjebak dengan obsesi yang dimilikinya.

Anime Perfect Blue ini kemudian menjadi inspirasi untuk pembuatan film Hollywood yang berjudul Black Swan yang kemudian sukses meraih banyak piala Oscar di acara Academy Awards tahun 2010.

Perubahan yang Dilakukan Saat Adaptasi Anime ke Film Hollywood

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, ternyata merubah film anime Jepang menjadi film Hollywood bukanlah hal yang mudah. Bahkan bagi para penggemar film anime, beberapa perubahan tersebut bisa terbilang cukup mengganggu terutama saat mereka mengetahui jalan cerita aslinya seperti apa.

Perubahan yang pertama adalah yang dilakukan pada setting lokasi film dan budaya yang ada pada film. Bahwa pada anime setting lokasi dan budaya yang diperlihatkan adalah khas Jepang, kemudian film Hollywood berusaha mengubahnya menjadi setting lokasi dan budaya khas Barat sehingga terasa kurang pas untuk jalan ceritanya.

Selain itu, banyak film Hollywood yang lebih memilih untuk tokoh utama dengan karakter berkulit putih ketimbang memilih tokoh karakter yang memiliki ras Asia seperti Jepang.